Senin, 07 Mei 2018

Peluang Bisnis Es Kepal Milo Yang Kini Sedang Tren Di Indonesia



Peluang Bisnis Es Kepal Milo


Peluang bisnis es kepal milo cukup menjanjikan karena bisnis yang sedang viral saat ini. Bila anda memulainya sekarang, tentu ada banyak kesempatan bagi anda untuk meneguk segarnya profit usaha es kepal milo yang menggiurkan. Cara membuatnya pun terbilang mudah, dan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha juga tidak banyak.



Seperti yang kita ketahui es kepal milo berasal dari Malaysia. Di negara asalnya, es kepal milo disebut Ice Kepal Milo. Dan yang mempopulerkannya adalah Ice Kepal Milo Tok Abah di Kuala Kangsar, pada akhir 2017.


Es Kepal Milo kini lebih di kenal karena kemunculannya di sosmed Dengan menerapkan strategi pemasaran yang unik dan jitu. Sontak jumlah konsumen mengalami lonjakan yang sangat tinggi. Dari 10 cup per hari, sekarang es kepal milo diserbu 400 konsumen per hari. 

Bayangkan, kenaikannya berkali-kali lipat. Jika dikonversi dalam omset, 400 cup tersebut dengan harga es kepal original (tanpa topping) Rp 8.000,- maka omset yang berhasil diraup mencapai Rp 3,2 juta per hari atau Rp 96 juta per bulan.

Tentunya angka yang fantastis! Atau masih kurang dengan angka segitu? Jika masih kurang, Anda dapat melakukan up selling dengan menawarkan aneka topping tambahan. Misalnya tambahan topping meses, keju, oreo, keju, dan crunch. 
Variasi harga aneka topping tersebut berada di kisaran Rp 1.500 – Rp 2.500. Variasi pilihan topping dapat memperkaya menu, memberi pilihan lebih banyak pada konsumen, dan pastinya bakal menambah profit margin yang Anda peroleh.


Masih kurang? Jika masih kurang juga, Anda dapat membuka cabang untuk meningkatkan omset dan mendapatkan lebih banyak profit. Namun untuk buka cabang lagi dan lagi, dibutuhkan modal usaha banyak. Solusi cerdasnya adalah membuka cabang dengan menggunakan uang orang lain, yaitu dengan mengembangkan sistem franchise.

Jangan banyak mikir lagi segera take action dan segera memulai peluang usaha es kepal milo yang minggiurkan ini. Berikut ini langkah-langkah cara memulai usaha es kepal milo lengkap dengan analisa usaha yang bisa Anda jadikan acuan dalam memulai menggarap peluang usaha yang menjanjikan ini.

Step Memulai Peluang Usaha Es Kepal Milo
 

Siapkan Produk

Proses membuat es kepal milo terbilang mudah. Namun demikian Anda tetap harus melakukan eksperimen untuk menemukan racikan resep es kepal milo yang pas. Baik dari segi rasa maupun nilai ekonomis, sehingga memiliki keunggulan.

Bahan Membuat Es Kepal Milo.

Es Kepal Milo Terdiri dari: es batu, milo bubuk, susu kental manis rasa coklat, dan aneka topping sesuai selera


Cara Membuat Es Kepal Milo.

Langkah awal , Serut es batu, kemudian lalu bentuk menjadi kepalan. Cara membentuk bisa dengan memasukkannya ke dalam plastik kemudian dipadatkan dengan cara dikepal-kepal. Kemudian siapkan fla atau pasta milo dengan cara manambahkan 3 sendok air panas ke dalam 180 gr milo bubuk, aduk rata. Tambahkan susu kental manis rasa coklat kurang lebih sebanyak 220 gr atau sesuai selera, agar fla atau pasta milo terlihat lebih kental. Siramkan fla/pasta milo di atas es serut yang berbentuk kepal. Dan Terkhir tambahkan topping sesuai selera.

Modif resep es kepal milo tersebut sehingga berbeda dari yang lainya. Pada contoh resep tersebut kita menggunakan bahan full bubuk milo. Dalam beberapa gerai yang saya temui tak jarang menggunakan campuran bubuk coklat biasa dengan bubuk coklat milo. Bandingkan rasanya, bandingkan harganya, sesuaikan dengan target market yang hendak Anda bidik.

Jangan lupa untuk memahami karakteristik bisnis makanan, agar Anda dapat menciptakan produk yang disukai market.

Buat Rencana Bisnis

Bila produk telah siap, langkah selanjutnya dalam mempersiapkan peluang usaha es kepal milo adalah membuat rencana bisnis. Bagaimana Anda hendak menjualnya? Jika berbentuk booth, bagaimana kurang lebih bentuk boothnya? Lokasi usaha, mau di rumah saja, atau menyewa space di teras minimarket, atau menyewa space di sebuah pusat perbelanjaan atau mall? Bagaimana strategi harga yang hendak Anda terapkan? Silakan klik dan baca

Strategi Menentukan Harga.

Buat strategi promosi yang jitu agar usaha Anda bisa laris manis. Semakin detail dalam  membuat rencana bisnis, maka akan semakin baik. Jika memerlukan contoh bisnis plan, Anda dapat melihatnya disini:

Siapkan Lokasi Usaha

Hal Selanjutnya adalah mencari lokasi usaha yang tepat, karena lokasi usaha dalam hal ini sangat menentukan keberhasilan bisnis anda.


Bila anda tepat memilih lokasi usaha, maka bisa dikatakan Anda sudah mengantongi separuh upaya pemasaran yang mestinya Anda jalankan. Menurut saya, khusus untuk usaha es kepal milo, anak muda merupakan pangsa pasar paling potensial. Jadi cari lokasi dimana anak muda berkumpul, misal di daerah kampus, dekat sekolahan, atau di sekitar tempat hang out yang banyak disambangi anak muda. Jika menyasar keluarga, Anda dapat mengambil tempat kecil di pusat perbelanjaan.

Tapi bila anda hendak menjalaninya sebagai usaha rumahan, kemungkinan pangsa pasar yang harus Anda bidik adalah anak-anak yang ada di sekitar rumah Anda. Potensi usahanya mungkin tidak begitu besar, tapi cukup lumayan untuk sebuah usaha sampingan, yang bisa Anda kerjakan sambil mengurus rumah tangga. Tapi jika disokong dengan strategi promosi yang jitu, tidak tertutup kemungkinan usaha rumahan ini bisa lebih ramai dari lokasi usaha yang ada di daerah kampus atau di pusat perbelanjaan.

Siapkan Peralatan

Alat yang harus dipersiapkan dalam menjalani peluang usaha es kepal milo tidaklah banyak. Perlatan utama adalah mesin serut es. Gunakan mesin serut es elektrik, jangan gunakan mesin serut es manual. Karena mesin serut es elektrik lebih menghemat waktu dan tenaga Anda. Harga mesin serut es elektrik untuk usaha es kepal milo cukup variatif, tergantung kualitas, tipe, dan jumlah blade yang dimiliki mesin tersebut. Umumnya harga mesin serut es pada kisaran Rp 650 ribu hingga Rp 2 juta.

Mari Kita Mulai

Bila semua hal di atas sudah siap, maka selanjutnya adalah saatnya running bisnis Anda.


Analisa Usaha Es Kepal Milo

Modal Awal

Booth: Rp 3.000.000,-

Mesin serut es: Rp 650.000,-

Banner nama usaha: Rp 150.000,-

Peralatan lain: Rp 1.000.000,-

Jumlah: Rp 4.800.000,-



Biaya Operasional

Sewa tempat: Rp 300.000,- (sudah termasuk listrik)

Kemasan (4000 cup): Rp 1.500.000,-

Gaji Karyawan: Rp 1.500.000,-

Bubuk Milo: Rp 10.000.000,-

Susu Kental manis: Rp 7.500.000,-

Es Batu: Rp 2.000.000,-

JUMLAH: Rp 22.800.000,-



Omset/Pendapatan

Asumsi penjualan hari biasa laku 100 cup per hari, penjualan hari Sabtu-Minggu 200 cup per hari.

= (100 cup x 22 hari x Rp 8.000) + (200 cup x 8 hari x Rp 8.000)

= Rp 17.600.000 + Rp 12.800.000

= Rp 30.400.000,-



Laba Bersih/Keuntungan

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 30.400.000 – Rp 22.800.000

= Rp 7.600.000,-



BEP (Break Even Poin)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 4.800.000 / Rp 7.600.000

= 0.63 bulan = 19 hari


Hebat tentunya. Tidak sampai satu bulan sudah balik modal, hanya perlu waktu 19 hari untuk mencapai BEP. Tunggu apalagi! Selagi periode awal dari masa tren. Peluang usaha es kepal milo sangat amat layak untuk dijalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar