Jumat, 22 September 2017

Cara Mudah Dan Cepat Membuat Ice Cream Gulung

 Ice Cream gulung merupakan salah satu varian camilan yang paling di gemari saat ini, apa yang membuat ice cream ini tampak menarik?? Yuk kita bahas. Ice Cream gulung sendiri sejatinya merupakan makanan ice cream yang di bentuk sedemikian rupa hingga mirip dengan dadar gulung. Soal rasa? Sebenarnya nyaris 11-12 dengan es krim olahan pada umumnya, yak karena  memang bahan pembuatannya sama.




Lantas apa yang membedakan Ice Cream Gulung dengan Es Krim pada umumnya??adalah tampilan dan cara pengolahannya yang sangat amat berbeda. Untuk proses pembuatan bahan baku, bisa dibilang kemiripiannya dengan es krim regular mencapai 90%. Bahan baku utama untuk membuat ice cream jenis ini adalah Susu,Telur,Gula,Perasa,Pewarna,dll. Nah jika anda berminat untuk membuat ice cream gulung sendiri di rumah, bisa kok..Oke yuk kita simak caranya :

Bahan Utama Susu,Telur,Gula dan Perasa di campurkan sesuai takaran dan aduk hingga rata dan sedikit mengembang. Untuk proses lebih cepat anda bisa langsung menggunakan bubuk es krim yang kini mulai di jual bebas di pasaran. Nah ketika adonan telah jadi dan cukup kental, selanjutnya tinggal masuk ke proses pembuatan.

Pada tahap ini anda membutuhkan peralatan khusus agar ice cream gulung anda bisa jadi dengan sempurna. Ada bebrapa tools/alat yang harus anda siapkan

  • Spatula
  • Kape
  • Wadah
  • Ice Cream Pan
Nah pada teknik pembuatanya bisa dibilang cukup memaksa anda untuk sedikit terampil. Disini kita akan menggunakan mesin ice cream pan sebagai media utamannya. Mesin ini sangat mirip tampilannya dengan wajan teppanyaki ala jepang. Perbedaannya adalah wajan pada Ice Cream pan di setiing khusus untuk mendinginkan objek.



·         Langkah pertama dalam pembuatan ice cream gulung :

  • Tuang adonan ice cream di atas wajan/pan
  • Gunakan Kape untuk mengaduk-aduk adonan layaknya sedang menggoreng
  • Kreasikan gerakan tangan anda untuk menciptakan adonan yang rata dan tercampur
  • Setelah beberapa lama adonan akan mengeras, disini anda harus menambah kecepatan dalam mencacah
  • Setelah di dapat tekstur yang lebih keras, sekarang ratakan adonan hingga berbentuk kotak
  • Langkah terakhir adalah anda tinggal menggulung adonan secara vertical hingga adonan ice creamnya tergulung
Nah mudah bukan?? Salah satu yang masih menjadi kendala dalam membuat ice cream jenis ini di rumah adalah soal Mesin Ice Cream Pan. Walaupun mesin ini sederhana, tetapi bicara bandrol maka mesin ini tergolong mahal untuk sebagian kalanagan rumahan. 

Oke semoga tips trik ini berguna untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar