Minggu, 06 November 2016

Ini Dia Perbedaan Antara Gelato dan Sorbet

Mesin Es Krim

Pernah dengar Es Krim Gelato dan Sorbet?? Ya bisa dibilang keduanya masih termasuk kedalam jenis camilan Es Krim. Gelato dan Sorbet sejatinya memang di buat dengan menggunakan bahan baku asli untuk es krim. Hanya saja dalam pengolahannya keduanya mempunyai teknik pembuatan yang berbeda satu sama lain. '=
 
Pada dasarnya yang namanya es krim mempunyai komposisi rasa es krim yang kuat, bahan dasar dari es krim sendiri adalah Susu dan Telur, proses pembuatan es krim yang paling utama adalah teknik pencamuran dan pengadukan bahan yang tepat. Oleh karenanya akan lebih sempurna jika membuat es krim menggunakan mesin ice cream khusus yang di rancang mempunyai putaran mixer konstan dan presisi.



OKe kembali ke inti bahasan, apakah yang membedakan es Krim Gelato dan Sorbet? Simak penjelasan berikut ini:


  • Gelato
Kata gelato sendiri berasal dari kata 'congelati' yang berarti beku, berasal dari kosa kata Itaqlian yang berarti Es Krim. Gelato sendiri di buat dari campuran Susu, Gula, Kuning Telur dan Air sebagai bahan utamanya. Gelato lebih akrab di telingan masyarakat italia di karenakan memang di buat secara Home Made dengan bahan” alami. Gelato sendiri mempunya ciri khas rasa yang tak tajam di lidah dan tenggorokan, mempunyai tekstur yang padat atau lebih di kenal dengan Hard Ice Cream, oleh karenanya rasa susu yang ada pada Gelato lebih di tonjolkan.

  • Sorbet
Sorbet mempunyai arti Frase kata Serbuk Es, atau bisa di sinonim kan dengan Salju. Bahan baku pada sorbet sendiri sangat sederhana yakni Air, Gula dan perasa buah. Nah yang membedakan dengan gelato adalah bahan dasar seperti Kuning Telur, Susu dan Krim tidak di gunakan. Oleh karenanya bisa dibilang rasa pada Sorbet cenderung lebih manis dan menonjol karena efek pada perasa langsung nempel di lidah. Karena memang terbuat dari buah asli maka bisa dibilang kandungan Gizi pada Sorbet terbilang aman dan menyehatkan. Tekstur pada es krim sorbet sendiri bisa di kategorikan ke dalam Soft Ice Cream, bisa dibilang Sorbet mempunyai bentuk fisik yanbg lebih mirip es serut namun lebih lembut dan tidak berbekas di lidah karena kandungan airnya yang cukup kaya.

Nah jika anda ingin membuat dua jenis es krim di atas, anda bisa mencobanya sendiri di rumah..terlebih lagi jika anda mempunyai Mesin Es Krim Restaurant ..maka akan lebih mudah dan cepat pengolahannya. Nah sekarang udah gak bingung lagi kan menentukan yang mana es krim gelato atau sorbet?
 
Oke semoga info ini berguna untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar