Jumat, 07 Oktober 2016

Suka kopi? Wajib hukumnya punya mesin kopi sendiri di rumah!

Mesin Kopi

Siapa yang tak suka kopi?? Well minuman untuk kalangan kaum dewasa ini memang bisa dibilang hampir mempunyai banyak pengemar dimana-mana. Baik untuk golongan tua,muda ataupun kalangan menengah ke bawah dan ke atas, semua pasti suka kopi!. Jika anda memang seorang penggemar dan Pecinta kopi, sudah barang tentu pasti akan memilih untuk meracik pembuatan kopinya sendiri ketimbang membeli secara instan / sachet. Nah mengolah biji kopi sendiri bukanlah perkara yang mudah, ada banyak aturan dan teknik yang harus di pelajar sebelum anda benar-benar yakin untuk meracik biji kopi anda sendiri. Karena yang terjadi bukan hanya tidak enak besar kemungkinan minuman kopi yang anda buat menjadi rusak cita rasa dan aromanya.


Nah untuk membuat minuman kopi yang enak, hal paling dasar yang harus anda miliki ada lah mesin biji (Grinder) kopi yang mumpuni. Mesin biji kopi sendiri terbagi atas beberapa jenis, ada yang otomatis dan ada yang manual. Mesin biji kopi otomatis pada umumnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak utama, sedangkan pada mesin biji kopi manual masih menggunakan tenaga mekanik sebagai roda penggerak.

Percaya atau tidak, saat biji kopi telah melalui proses pemanggangan yang sempurna, air murni, filter premium, dan menggunakan alat pembuat kopi yang baik namun anda bisa merusaknya dengan cara menggiling yang salah sehingga anda tidak dapat memperoleh kopi berkualitas tertinggi. Jika biji kopi yang digiling terlalu halus, biji kopi tersebut lebih terekstraksi dan menimbulkan rasa pahit. Untuk itu, melakukan perubahan kecil saja dalam menggiling dapat mempengaruhi rasa kopi. Beberapa pengetahuan dasar saja tentang proses menggiling kopi akan membantu Anda mendapatkan kopi yang sempurna. Coffee Grinder.

Untuk itu sebelum anda membuat kopi dan menggiling biji kopinya sendiri, ada baiknya dan mempelajari teknik cara pengolahan biji kopi yang benar. Oke sebaiknya kita mulai dari yang paling dasar yakni mengenai sangrai biji kopi ,karena memang. Sebelum bisa kita giling dan seduh, biji kopi harus disangrai. Menyangrai kopi berarti mengubah fisik dan komposisi kimia biji kopi. Supaya apa? Supaya gampang digiling dan diseduh, supaya lebih mudah dilarutkan dengan air nantinya. Nah, biasanya biji kopi akan digoreng/disangrai dalam beberapa level: ringan (light), medium, atau gelap (dark). Semakin gosong proses sangrai atau goreng, semakin gelap pula si biji kopi. Nah, beda level sangrai juga akan membuat seduhan kopi kita berbeda rasa pula. Oleh sebab itu mengapa kopi instan/sachet lebih murah dari pada kopi di kafe? Ya wajar saja karena jika di kafe, proses minuman kopi untuk mencapai ke meja anda melalui beberapa proses serta di sajikan fresh! Jadi secara logika, jika anda memang benar-benar pecinta kopi, anda memang di wajibkan memilki mesin kopi / mesin penggiling biji kopi sendiri di rumah, untuk biji kopi sangria bisa anda dapatkan di beberapa toko kopi yang ada di toko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar