Selasa, 12 Juli 2016

Tips Membuat Soft Ice Cream Lezat dan Lembut

Mengetahui Cara Kerja Mesin Es krim


Jika berbicara soal es krim pasti tidak akan ada habisnya. Mulai dari jenisnya yang sangat beragam, rasanya yang lezat, sensasi dingin yang lumer dimulut juga membuat es krim menjadi salah satu penganan favorit banyak orang. Cara pembuatan es krim sendiri juga bermacam-macam, mulai dari es krim yang dibuat hanya dengan menggunakan peralatan yang sangat sederhana hingga es krim yang dibuat dengan alat yang canggih. Soft ice cream merupakan salah satu jenis es krim yang banyak dicari dan digemari orang, selain rasanya yang lezat, teksturnya yang lembut juga menjadi kelebihan tersendiri. Proses pembuatannya juga tidak sembarangan, yaitu menggunakan mesin khusus untuk soft ice cream.


Bagaimana cara kerja mesin es krim ?
Mungkin selama ini anda sering bertanya-tanya bagaimana cara kerja mesin pembuat es krim. Sebenarnya proses membuatnya cukup mudah, hanya dengan memasukan adonan cair kedalam mesin pembuat es krim dan voila dalam waktu beberapa menit maka es krim sudah bisa disajikan. Mesin es krim bekerja dengan cara menghasilkan arus dingin pada dindingnya dan mengaduk terus menerus adoan es krim agar tidak mengkristal. Selain mesin es krim yang digunakan, kandungan es krim yang dibuat juga mampu mempengaruhi tekstur dan citarasa eskrim itu sendiri.

Bagaimana membuat es krim yang enak dan lembut ?
Yang harus diperhatikan saat akan membuat es krim diantara lain adalah :

-          Bahan

Pilih bahan-bahan yang berkualitas dan bermutu tinggi saat membuat es krim. Karena bahan akan sangat mempengaruhi cita rasa dan tekstur es krim yang dihasilkan. Bahan-bahan dasar yang dibutuhkan dalam pembuatan es krim diantaranya : krim, skim, air, gula dan stabilizer. Krim berfungsi untuk memberi aroma susu dan mencegah pembentukan Kristal yang terlalu besar. Pada dasarnya krim adalah lemak, anda bisa juga menggunakan lemak lain seperti santan ataupun telur, namun ini dapat menghilangkan cita rasa susu dari es krim yang dibuat. Selanjutnya skim yang merupakan bahan padatan susu sapi tanpa lemak. Fungsi skim dalam es krim dapat membentuk tekstur es krim menjadi lembut dan ringan. Selanjutnya ada juga gula yang tidak hanya berfungsi untuk memberi rasa manis, tapi juga menurunkan titik beku adonan. Lalu ada stabilizer yang berfungsi agar air tidak mengkristal dan adonan menjadi lebih kental.

-          Komposisi Bahan

Komposisi bahan akan menentukan kualitas es krim yang dibuat. Jika anda membuat dengan komposisi yang tepat makan es krim mungkin akan bertahan lama dan tidak mudah mencair jika diluar dan mengkristal jika disimpan terlalu lama. Lalu bagaimana komposisi yang baik saat membuat es krim? Para produsen es krim pada umumnya menggunakan rumus berikut :
Lemak 10% + skim 14% + gula 15% + stabilizer 0.3% + susu full cream/ air 61.7% atau kurangi lemak menjadi 8% dan skim tambah menjadi 16% untuk menghasilkan es krim rendah lemak
Jika anda menggunakan susu jangan lupa gunakan susu pasteurisasi agar adonan lebih tahan lama.

-          Mesin

Mesin es krim atau ice cream maker merupakan faktor yang akan sangat menentukan es krim yang dihasilkan. Gunakan mesin es krim yang berkualitas dan memiliki daya tahan lama sebagai aset usaha anda. Mesin es krim yang baik juga dapat dengan baik menghindari proses kristalisasi yang sering terjadi. Gunakan mesin soft ice cream untuk menghasilkan ice cream yang benar-benar mengembang dan lembut.

--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar