Selasa, 19 Juli 2016

Sejarah dan Harga Mesin Es Krim

Sejarah Munculnya Es Krim


Di era sekarang ini penciptaan es krim sudah tidak lagi menggunakan cara manual, harga mesin es krim juga jauh lebih murah disbanding dengan bagaimana yang terjadi di jaman dulu. Memang, jika mendengar kata es krim sudah pasti yang terbayang adalah kelembutan dan kelezatan cita rasa susu yang dingin dan meleleh di lidah dan mulut. Ada salah satu pribahasa yang cukup terkenal dikalangan masyarakat, yakni “you can’t buy happiness but you can buy ice cream and that’s kind of the same thing”, yang artinya ‘kau tidak bisa membeli kebahagiaan tapi kau bisa membeli es krim dan itu adalah hal yang serupa’. Tidak tahu siapa yang mencetuskan  kalimat tersebut tapi bisa dibilang kalimat tersebut ada benarnya juga. Tidak ada yang bisa membeli kebahagiaan tapi dengan semangkuk ice cream anda akan merasa bahagia.


Frrrozen Haute Chocolate - ice cream paling mahal di dunia
dengan harga 250 jt per scoop


Tapi tahukah anda sejarah terciptanya penganan manis yang satu ini? Banyak sekali cerita yang beredar di masyarakat mengenai sejarah munculnya penganan ini. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa kemungkinan es krim ditemukan pertama kali pada masa Kaisar Romawi Nero yang hidup di abad 54 sebelum Masehi. Kala itu kaisar meminta pengawalnya untuk pergi ke pegunungan dan mengambil salju. Salju tersebut kemudian dicampur dengan nektar, buah dan madu untuk sajian sang kaisar. Selanjutnya disebutkan bahwa Cina merupakan negara pertama yang menemukanya ice cream, dimana  pada masa dinasti Raja Tang tahun 618 – 907. Mereka membuat es dengan cara mencapur salju dengan potassium nitrat yang diberi sirup.

Lalu sekitar abad ke-13, Marco Polo kembali ke tanah Itali dan memperkenalkan jenis es yang kini dikenal dengan nama shorbet. Dan akhirnya es krim dikenal di Inggris dan amerika di abad ke-17, dimana pada masa itu ice cream merupakan penganan yang langka dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan ningrat karena belum munculnya mesin seperti yang ada pada jaman sekarang ini. Pada abad ke-19 akhirnya ice cream bisa dinikmati oleh banyak orang dari berbagai kalangan ekonomi. Berdasarkan Kamus Besar Oxford, kata ‘ice cream’ pertama ditemukan pada tahun 1688 sedangkan kata tersebut mulai banyak digunakan pada tahun 1744. Kita harus bersyukur karena bisa menikmati es krim dengan mudah dimasa sekarang ini mengingat sejarahnya yang ternyata cukup rumit. Jika anda berniat untuk membeli mesin es krim ada baiknya anda melihat daftar harga mesin es krim yang dijual Wiratech dengan harga termurah dan jaminan garansi.


Sumber : berbagai sumber

--RAT-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar